Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar

Apakah kamu sedang mencari bagaimana cara publikasi jurnal di Google Scholar? Tepat sekali! Kami akan memberikan caranya untukmu. Silahkan simak artikel ini sampai habis yah!

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya semua artikel ilmiah yang sudah terindeks di Google Scholar merupakan artikel-artikel yang sudah terpublikasi di jurnal baik jurnal nasional maupun jurnal internasional.

Tetapi, belakangan ini ada juga jurnal yang sudah terpublikasi di jurnal nasional / internasional tapi tidak terindeks di Google Scholar.

Nah, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan menginformasikan alat pengindeks yang bisa mengatasi masalah ini.

Bahkan, di sini kamu juga bisa untuk melakukan pengeditan dan penghapusan artikel milikmu sendiri.

Nah, untuk cara publikasi jurnal di Google Scholar sendiri tidak sesulit yang kamu pikirkan. Serius, hanya dengan melakukan beberapa langkah saja, kamu bisa mengatasi masalah ini.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan langkah-langkahnya, simak yang berikut ini!

Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar Hanya 5 Menit

Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar

Nah, langsung saja pada bagian ini kami akan memberikanmu cara publikasi jurnal di Google Scholar dengan cepat dan mudah. Tapi perlu dipastikan bahwa kamu sudah memiliki akun Google Scholar terlebih dahulu untuk melakukan hal ini.

Pada cara publikasi jurnal di Google Scholar ini, kami juga akan memasukkan langkah-langkah cara mendaftar akun Google Scholar.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Kunjungi Situs Google Scholar https://scholar.google.co.id/

2. Klik Profil Saya

3. Jika kamu diminta untuk login, silahkan login terlebih dahulu ke akun email Kamu.

4. Kemudian, masukan data diri Kamu.

Berikut ini keterangan dari informasi tersebut:

  • Nama: Nama lengkap Kamu. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan nama judul agar Google Cendekia dapat dengan mudah mendeteksi artikel Kamu secara otomatis melalui mesin.
  • Afiliasi: Agensi Kamu. Kamu dapat memasukkan nama institusi tempat Kamu bekerja atau nama sekolah/perguruan tinggi tempat Kamu bersekolah.
  • Email untuk Verifikasi: Dalam Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar, silahkan Masukkan alamat email pendidikan Kamu. Jika Kamu mendaftar Google Cendekia dengan email yang sudah menggunakan email pendidikan (..@universitas.ac.id), kemungkinan besar Google tidak akan meminta verifikasi lagi. Namun, jika Kamu masih menggunakan email gmail (..@gmail.com), Kamu akan diminta untuk memverifikasinya sebelum menjadi publik.
  • Area of ​​Interest: Masukkan fokus penelitian Kamu. Jika lebih dari satu dapat dipisahkan dengan koma (,).
  • Home Page: Ini opsional, artinya bisa dikosongkan. Jika Kamu ingin mengisinya, silakan masukkan alamat tautan profil data pribadi Kamu yang disediakan secara online.

5. Google akan secara otomatis mencari artikel Kamu berdasarkan nama yang Kamu masukkan tadi.

Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar pada bagian 5 ini, Kamu juga bisa mengganti kata kunci nama Kamu menjadi judul artikel Kamu. Jika sudah ditemukan artikel yang sesuai, silahkan centang judul artikel tersebut.

6. Klik tanda panah ke kanan pada pojok kanan atas untuk melanjutkan.

7. Update terkait artikel.

Pilih Terapkan update secara otomatis, jika dirasa nantinya google scholar akan otomatis memasukkan artikel yang namanya sesuai dengan nama Kamu. Saya sarankan Kamu memilih ini jika nama Kamu tidak umum dipakai orang lain. Namun jika nama Kamu umum di pakai orang, saya sarankan untuk mengganti dengan Kirim update melalui email untuk ditinjau.

8. Centang pada bagian jadikan profil saya untuk umum.

Ini penting, jika ini tidak Kamu centang maka profil Kamu tidak dapat dilihat oleh orang lain.

9. Klik Selesai

Nah, itu adalah proses untuk mendaftar akun Google Scholar. Nah, di bawah ini kami berikan cara publikasi jurnal di Google Scholar :

1. Login Ke Akun Google Scholar Kamu

Perlu kamu ketahui bahwasannya untuk bisa login ke Google Scholar ini, kamu hanya bisa menggunakan alamat email dari institusi saja. Ini merupakan hal yang sangat penting kamu ketahui sebelum kamu melakukan Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar.

2. Klik “Tombol +”

Setelah itu, silahkan tap “Tombol +” tepat di bawah foto profil. Jika sudah, maka akan muncul beberapa pilihan :

  1. Tambahkan Grup Artikel
  2. Dan Tambahkan Artikel
  3. Tambahkan Artikel Secara Manual
  4. Update Akun Google Scholar

3. Pilih Opsi “Tambahkan Artikel Secara Manual”

Dalam Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar, Kamu bisa menambahkan artikel yang sudah terpublish tapi belum terindeks di Google Scholar dengan menggunakan opsi “Tambahkan Artikel Secara Manual

Tapi, jika Kamu ingin menambahkan artikel secara otomatis, Kamu bisa pilih pada bagian yang kedua.

Nah, seusai memilih opsi “Tambahkan Artikel Secara Manual”, maka Kamu akan diberi beberapa pilihan jenis artikel yang hendak Kamu masukkan. Berikut pilihannya :

  • Jurnal
  • Buku
  • Book Chapter
  • Tesis
  • Proseding Hasil Seminar (Nasional atau Internasional)
  • Paten

Silahkan pilih berdasarkan kebutuhan Kamu.

Misal kebutuhan Kamu untuk publish jurnal ilmiah, maka Kamu tinggal menuliskan judul, pengarang, tanggal terbut, nama jurnal, jilid, terbitan, halaman dan penerbit.

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai langkah-langkah dan cara publikasi jurnal di Google Scholar dengan cepat dan mudah. Semoga artikel yang kami buat ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!


FAQ

Berapa Lama Jurnal Terindeks Google Scholar?

Kisaran 1-2 minggu

Bagaimana Cara Login Google Scholar?

Untuk cara lengkapnya, sudah kami bahas pada artikel ini

Kenapa Tidak Bisa Login Google Scholar?

Coba Hapus Cookie Dan Cache Pada Browser