Bagi kamu yang sedang mencari informasi cara upload, submit dan cara publikasi jurnal sinta mudah dan cepat, kamu datang di artikel yang tepat! Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikanmu informasi secara lengkap dan detail.

Silahkan simak artikel ini sampai habis yah!

Secara umum, para dosen dan peneliti yang sudah sering melakukan publikasi jurnal baik nasional maupun internasional, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah jurnal sinta.

Portal sinta sendiri memang digunakan untuk sarana penerbitan jurnal nasional serta untuk mengecek kualitas dari jurnal nasional tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa Sinta ini adalah salah satu portal yang sudah resmi digagas oleh DirJen Penguatan Riset, Pengembangan KemenRisTek dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sinta sendiri sebenarnya digagas pertama kali pada tahun 2016 dan baru resmi di populerkan ke publik sejak 2017 lalu oleh Kemendikbud RisTek. Dan sampai saat ini, portal sinta terus-menerus berkembang dengan melakukan penambahan beberapa fitur di dalamnya.

Pada akademisi, belakangan ini masih merasa kebingungan dengan cara publikasi jurnal sinta. Padahal, itu bukanlah merupakan hal yang sulit.

Baiklah, langsung saja berikut ini cara mudah untuk publikasi jurnal sinta agar cepat di approve :

Langkah Mudah Dalam Cara Publikasi Jurnal Sinta Mudah Agar 90% Approve

Cara Publikasi Jurnal Sinta
Cara Publikasi Jurnal Sinta

Nah, untuk cara publikasi jurnal sinta ini, kamu bisa langsung meng-upload naskah jurnal ke OJS jurnal yang sudah terindeks sinta.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Silahkan Pergi Ke OJS Jurnal

Jurnal Syntax Literate
cara submit jurnal sinta di jsl

Nah, di sini kami akan mengambil contoh cara publikasi jurnal sinta secara online menggunakan OJS Jurnal Syntax Literate yang sudah terakreditasi sinta 4. JSL ini menerima semua rumpun ilmu baik ekonomi, hukum, humaniora, pendidikan dan lain sebagainya.

2. Lakukan Prosesi Register

register akun jsl
register akun jsl

Nah, langah selanjutnya silahkan lakukan registrasi akun. Kamu bisa isi semua contact form yang tersedia seperti gambar diatas.

Note : tanda yang diberi bintang, wajib diisi

3. Selanjutnya Silahkan Klik Make A New Submission

4. Kemudian, Isi Section

Pilih sebagai Article

5. Ceklist Semua Form Kotak Yang Ada Pada Point Submission Requirements

6. Selanjutnya, Save And Continue

7. Masuk Ke Bagian Sesi Submit Artikel Dan Pilih Articel Text

8. Silahkan Upload File Yang Akan Kamu Submit (Biasanya Format Ms. Word)

9. Lalu Continue

10. Klik Continue Lagi

11. Kemudian Klik Complete

Nah, Tadi itu adalah Sesi Upload Submission

12. Selanjutnya Save And Continue

13. Sesi Tersebut Adalah Point Enter Metadata

14. Isi Pada Bagian Yang Berbintang Merah *

15. Isikan Judul, Abstract, Contributor (Penulis Selain Penulis Pertama) Lalu Terakhir Keyword Artikel Jurnal Yang Akan Kamu Submit

16. Judul, Abstract, Contributor Dan Keyword Tambahkan Sesuai Dengan Artikel Jurnal Yang Akan Kamu Submit.

17. Kemudian, Tekan Finish Submission

18. Setelah Itu Tekan Ok

19. Submission Complete

Proses Tahapan Sebelum Submit Jurnal Sinta

Proses Tahapan Sebelum Submit Jurnal Sinta

Nah, cara di atas adalah cara publikasi jurnal sinta agar naskah cepat diterima. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan kepadamu secara detail mengenai prosesi dan tahapan sebelum submit jurnal sinta.

Cek pembahasan di bawah ini!

1. Mendaftar Akun Sinta 

Tahap pertama tentu saja mendaftarkan akun ke Sinta, yang tentunya penting bagi dosen karena mempermudah proses penerbitan jurnal ke depannya. Pendaftaran akun adalah hal utama bagi pengajar yang belum memiliki akun di halaman ini.

Caranya masuk ke lama Sinta di https://sinta.kemdikbud.go.id/ dan masuk ke menu registrasi yang ada di atas. Jika Anda sudah memiliki akun, cukup masuk ke menu login penulis di halaman beranda untuk login.

2. Mengisi Formulir Registrasi 

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran akun yang tampilannya kurang lebih seperti ini:

Seperti terlihat pada gambar di atas, lengkapi data-data pada formulir yang telah ditentukan, mulai dari nama lengkap, nomor ID, ID di Google Scholar, ID di Scopus, dll.

3. Masukan ID Google Scholar 

Pada formulir pendaftaran yang telah dijelaskan sebelumnya, akan ada proses pengisian Google Scholar dan Scopus ID. Ini wajib karena akan sinkron dengan kedua database.

Jadi pastikan Anda sudah memiliki akun Google Scholar atau Scopus sebelum membuat akun Sinta. Dengan cara ini, proses pembuatan akun di Sinta bebas masalah dan cepat.

4. Pengecekan Kelengkapan Data 

Langkah selanjutnya adalah memeriksa integritas data dalam registri. Jangan buru-buru menekan tombol register untuk memastikan semua data sudah benar dan lengkap.

Pastikan tidak ada data yang kosong kecuali ada deskripsi data tertentu yang boleh dikosongkan. Pastikan juga semua data valid karena pengelola halaman Sinta akan melakukan proses verifikasi nantinya.

Untuk mengecek nama pengajar, status di universitas, NIDN yang dimilikinya, jabatan fungsionalnya, dll. Kemudian, untuk data profil Anda dan apa pun yang ada di Google Scholar dan Scopus saat pendaftaran, jangan diubah dulu.

Biarkan apa adanya untuk proses pendaftaran yang lancar. Karena akan tersinkronisasi atau terkoneksi satu sama lain. Jika Anda memasukkan ID yang berbeda, itu akan menyebabkan masalah dengan proses pendaftaran.

5. Proses Verifikasi 

Tahap akhir pendaftaran akun adalah proses verifikasi yang dilakukan oleh tim validator dari laman Sinta. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Sinta Row mengecek validitas data berdasarkan apa yang dimasukkan instruktur.

Sehingga universitas mengecek ID di Google Scholar dan Scopus, lalu NIDN dan lainnya. Jika ternyata asli atau valid, proses verifikasi selesai.

Status akun di halaman Sinta akan berubah menjadi Terverifikasi, yang mungkin memakan waktu beberapa hari. Oleh karena itu, jangan mengubah data apapun selama proses pendaftaran. Pada saat yang sama, tabel diisi dengan data yang benar-benar valid.

6. Update Data Profil Dan Dokumen 

Setelah memverifikasi status akun, langkah selanjutnya adalah memperbarui data profil. Artinya pengguna dapat melengkapi data pribadinya pada akun Sinta yang telah dibuat.

Mohon dilengkapi karena nantinya akan menentukan nama penulis jurnal yang akan diterbitkan ke Sinta. Selain mempermudah pencarian, gunakan nama dan data pribadi yang valid.

7. Tahap Sinkronisasi 

Tahap selanjutnya adalah tahap sinkronisasi antara akun Sinta dengan akun Google Scholar dan Scopus. Jika sinkronisasi selesai, daftar jurnal yang diterbitkan di Scopus dan Google Scholar akan ditautkan.

Semua bisa tampil di Sinta, sehingga memudahkan dosen untuk mengikuti perkembangan publikasi-publikasi sebelumnya. Selain itu, instruktur yang mencapai tahap ini dapat memasuki tahap eksponensial.

8. Tahap Akreditasi 

Tahap pengindeksan merupakan tahap akhir bagaimana jurnal Sinta diterbitkan dan dapat dilakukan oleh dosen sendiri. Intinya mengajukan akreditasi jurnal dengan ARJUNA. yakni pada laman http://arjuna.ristekdikti.go.id/

Jika nilai sertifikasi antara 70-85, maka diperoleh sertifikasi B, sehingga Sinta mendapat Kategori Sinta 2. Jika sertifikasi di atas 85, skor sertifikasi adalah A dan Kategori Sinta 1 diberikan.

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan dari kami mengenai cara upload, submit dan cara publikasi jurnal sinta mudah dan cepat. Semoga ini semua bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!


FAQ

Publikasi Jurnal Sinta Bayar Berapa?

Nah, untuk biaya publikasi jurnal sinta sendiri, kamu bisa langsung cek artikel ini

Bagaimana Cara Menerbitkan Jurnal?

Untuk menerbitkan jurnal, sudah kami berikan langkah-langkahnya secara detail pada artikel ini

Berapa Lama Waktu Publish Jurnal?

Jurnal terbit secara berkala, bisa 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan sampai 1 tahun